Fungsi Marketing & Trade Marketing




Perbedaan antara Fungsi Marketing & Trade Marketing, ada beberapa kesimpulan sebagai berikut:

1. Marketing= Consumer Marketing, Consumer adalah objek kegiatan
Trade Marketing= Marketing ke Trade, jadi Trade adalah objeknya (Trade=Modern Trade, General Trade, Medical Outlet, etc)


 

2. Marketing = mendorong orang untuk “Use More” dengan tools seperti Iklan dll
Trade Marketing = mendorong orang untuk “Buy More” dengan tools promo (Diskon, Free Product, Undian, Buy 1 Get 1, etc)




 
3. Marketing = focus ke ATL (Above The Line)
Trade Marketing = focus ke BTL (Below The Line)

 
4. Marketing = Merancang Marketing Strategy Brand
Trade Marketing = Men-terjemahkan Strategy tsb menjadi “actionable initiatives”




5. Marketing = Mengelola Budget A&P
Trade Marketing = Mengelola Budget Trade Promo/TP (TP directly mengurangi Net Sales karena merupakan inisiatif yang langsung berhubungan dengan promo)

6. Marketing = Berpikir mengenai konsumen secara general, siapa aja adalah konsumen.
Trade Marketing = Membagi strategy berdasarkan Channel (MTKA, MTI, GT dll)

 
Walaupun peran Marketing & Trade Marketing Cukup Jelas dan cukup berbeda, namun pada dasarnya KPI Marketing (Key Performance Indicator) dan Trade Marketing relative sama:



1. Net Trade Sales (Mkt/TM)
2. Budget Management (Mkt/TM)
3. Market Share (Mkt/TM)
4. Numeric & Weighted Distribution (TM)
5. SPPD (Mkt)
6. Profitability/ GP (Mkt)
7. dst


Peran Sales Team adalah :
1. Excellent Execution dari Strategy yang sudah di buat oleh Marketing & Trade Marketing.
2. Source of Information mengenai kondisi pasar dan persaingan untuk melengkapi Strategy Marketing & Trade Marketing.


1 comment: