Berbelanja merupakan aktivitas rutin yang seringkali dilakukan ibu ibu dan tidak menutup kemungkinan kaum adam. Jika anda memiliki usaha toko atau mini market atau swalayan, ada beberapa tips dan trik penting yang bisa menarik para pengunjung untuk berbelanja meskipun mereka bukan pelanggan belanja toko anda sehari-hari. Sebuah penelitian terbaru mengungkap, sekitar 20 persen
pembelian di supermarket memang tidak direncanakan.
Berikut tips dan trik yang perlu diperhatikan dalam sebuah toko mini market dan swalayan.
Pernah memperhatikan pintu masuk
supermarket yang sudah terkenal? Di bagian depan tentunya sering dipajang benda-benda yang menarik
dan dihias sedemikian rupa. Hal ini memang perlu untuk meningkatkan mood
pada pembeli agar mereka lebih senang berbelanja.
Dengan mood yang baik,
kebanyakan orang tak akan terlalu memikirkan barang apa yang mereka beli dan
berapa banyak uang yang mereka keluarkan.
2. Kereta dorong atau keranjang belanja besar
Keranjang belanja serta kereta
dorong di supermarket biasanya berukuran besar. Hal ini mendorong pembeli untuk
memenuhi keranjang mereka dengan barang-barang yang sebenarnya tak mereka
butuhkan.
Jika menggunakan keranjang belanja
yang kecil, mereka akan membeli barang cenderung sedikit tetapi dengan keranjang yang besar mereka akan merasa kurang.
3. Barang yang terpencar
Apakah Anda pernah berpikir mengapa
barang yang ada di supermarket terkadang diletakkan berjauhan? Misalkan susu di
ujung sebelah kanan sementara telur dan roti ada di ujung sebelah kiri? Cara
penjualan di supermarket bertujuan untuk membuat Anda melihat barang sebanyak
mungkin.
Seringkali ketika berjalan ke ujung
yang lain, orang akan melihat-lihat dan mengambil barang tambahan lain yang
sebenarnya tak ada dalam daftar belanja mereka.
4. Penataan barang
Apakah Anda pernah memperhatikan
cara supermarket menata barang mereka? Makanan-makanan manis yang cocok untuk
anak biasanya diletakkan di rak bawah sehingga anak bisa melihatnya dan
mengambil mereka.
Begitu juga dengan barang-barang
yang lebih mahal, biasanya diletakkan di tempat yang mudah dijangkau. Sementara
barang-barang yang relatif murah diletakkan di tempat yang sulit dijangkau.
Ini merupakan trik untuk membuat
pembeli dengan mudah mengambil barang tanpa harus kesulitan mencari alternatif
lain yang lebih murah.
5. Sampel barang
Penawaran sampel juga bisa jadi trik marketing bagi para pembeli. Banyak orang yang mengira hal ini merupakan cara
penjualan yang tak efektif, padahal sesungguhnya ini cukup bisa membuat
konsumen untuk membeli barang yang mereka tawarkan.
6. Pembelian tak terduga
Di dekat kasir biasanya Anda akan
disodori berbagai produk tambahan seperti permen, majalah, pulsa, minuman, dan
lainnya. Penataan semacam ini membuat pembeli yang tengah mengantri di kasir
mengambilnya tanpa berpikir panjang. Karena mereka akan cenderung lebih banyak melihat lihat sambil mengantri di kasir.
Itulah beberapa trik dan tip untuk bisa diterapkan di toko atau mini market anda. Semoga bisa menambah omset penjualan anda.
No comments:
Post a Comment