Bagi yang memiliki usaha, ada 3 komponen penting yang harus diperhatikan dalam marketing. Komponen - komponen tersebut yaitu :
- Produk yang akan dijual. Qualitas produk harus bagus, quantitasnya banyak, packaging menarik dan lain sebagainya.
- Harga Produk yang bisa bersaing dipasaran. Persaingan yang sengit menyangkut dengan harga barang apakah sesuai dengan qualitas yang ditawarkan.
- Promosi Produk sangat penting dalam menunjang pemasaran dan penjualan produk.
Saya akan membahas point yang ke-3 yaitu cara cara untuk berpromosi yang mungkin terlewatkan dalam pemikiran dan benak Anda. Berikut cara-cara untuk mempromosikan produk anda :
- Pasang iklan baris di Koran.
- Pasang iklan dibuku telepon (yellow pages).
- Pasang iklan di pusat perkulakan.
- Aktif mendekati konsumen lewat telepon.
- Mendatangi langsung konsumen yang prospektif.
- Promosi lewat surat.
- Jadi pembicara di seminar, dan bicarakan hal-hal yang hanya dikuasai.
- Jadi pembicara tamu acara dialog di radio.
- Buat data base konsumen lengkap dengan alamatnya. Jaga terus agar tetap up to date.
- Bangun citra perusahaan dengan kartu nama dan kop surat yang menarik.
- Rancang brosur yang menjelaskan keuntungan produk.
- Kembangkan pemesanan lewat surat.
- Buat tempat khusus untuk memamerkan dan membeli langsung produk anda.
- Rancang pemasaran jarak jauh (telemarketing).
- Buat logo perusahaan sesuai dengan citra yang dibangun.
- Terbitkan bulletin yang berkaitan dengan usaha yang dimiliki, paling tidak 3 bulan sekali.
- Buat souvenir dengan logo perusahaan, kalender, mug, topi, memo, dll.
- Buat kampanye sosial yang berkaitan dengan produk. Misalnya hemat listrik, bila produk kita lampu.
- Buat stiker atau balon dengan logo dan slogan perusahaan.
- Rancang kaos dengan logo dan nama perusahaan.
- Jajaki promosi dengan perusahaan lain yang bukan pesaing.
- Pelajari semua biaya promosi, baik lewat Koran, majalah, radio, televisi, reklame, halte bus, dan tempat-tempat umum lain.
- Manfaatkan promosi patungan untuk menghemat biaya promosi.
- Berterimakasih pada pelanggan dengan mengirimi surat.
- Menjaga hubungan dengan pelanggan dengan mengirimkan kartu ulang tahun, Lebaran, Natal, atau Tahun Baru.
- Pasang profil perusahaan di Koran dan majalah yang biasa di baca calon konsumen sasaran.
- Sewa agen periklanan atau humas (Public Relation)
- Selenggarakan sayembara yang bersifat promosi.
- Selenggarakan seminar yang khusus membahas produk atau jasa yang ada di perusahaan.
- Selipkan brosur atau bahan promosi lain kedalam tagihan yang dikirim.
- Cari calon pelanggan di pameran-pameran.
- Cari calon pelanggan di perkumpulan-perkumpulan yang berhubungan dengan bisnis yang sedang digeluti.
- Cari calon pelanggan di seminar-seminar.
- Cari pelanggan di majalah atau Koran.
- Kemas brosur, daftar harga, daftar harga dan surat menyurat dalam tempat khusus untuk pelanggan.
- Pasang papan penunjuk yang mengarahkan ke kantor Anda.
- Sebarkan brosur yang diselipkan di wiper kaca mobil.
- Cetak kalimat bersifat promosi pada kertas promosi atau amplop.
- Pasang logo dan nama perusahaan di mobil perusahaan.
- Buat daftar produk, lengkap dengan gambar, cara penggunaan dan keuntungan.
- Siapkan video tentang profil perusahaan.
- Siapkan proposal yang ditawarkan untuk mengantisipasi kebutuhan konsumen.
- Sediakan contoh produk gratisan.
- Sediakan kesempatan pada calon pelanggan, untuk melihat-lihat proses produksi.
- Sposori acara amal.
Nah, dengan cara-cara promosi diatas, semoga usaha
Anda bisa lebih dikenal. Tapi saat ini ada satu promosi yang sedang gencar
dilakukan oleh banyak perusahaan, yaitu berpromosi online.
Promosi online ini
bisa dikerjakan sendiri atau membayar orang untuk mengerjakannya. Promosi ini
tergolong murah, dan sangat mudah pengoperasiannya.
Beberapa hal yang bisa
dilakukan dalam berpromosi online:
- Membuat website tentang produk, dengan menu navigasi yang ramah pengunjung untuk menuju produk-produk Anda, kemungkinan untuk banyak dikunjungi semakin besar. Minta orang yang pakar (web master) untuk meningkatkan traffic website Anda.
- Aktif di jejaring sosial, selain mudah pengoperasiannya menjadikan jejaring sosial sebagai sarana promosi adalah pilihan yang murah dan efektif. Karena kita bisa menciptakan promosi viral, yang bisa menyebar dalam waktu singkat.
Pilihlah jenis promosi yang sesuai dengan produk anda supaya bisa lebih kena tepat sasaran penjual dan pasar.
No comments:
Post a Comment